Cara Membuat Ebook Dalam 5 Langkah

Cara Membuat Ebook Dalam 8 Langkah

Tertarik dengan desain ebook dan ingin belajar cara membuat ebook?

Dalam panduan langkah demi langkah seperti demo pragmatic ini, Anda akan belajar cara membuat ebook yang menonjol.

Berikut adalah langkah-langkah yang kami bahas:

1. Tulis Konten Ebook Anda
2. Atur Konten Anda
3. Gunakan Panduan Gaya Anda
4. Pilih Gambar dan Buat Visual
5. Desain Ebook Anda

Langkah 1: Tulis Konten Ebook Anda

Apa pun yang Anda pilih, pastikan itu beresonansi dengan klien dan calon pelanggan Anda. Ide utama di balik menawarkan sebuah ebook adalah untuk memberikan nilai dan memecahkan masalah. Subscriber yang Anda peroleh juga tentu saja bagus.

Mengetahui audiens Anda juga akan membuat proses pembuatan konten menjadi lebih mudah. Arahkan teks ke klien ideal Anda. Gunakan bahasa yang digunakan klien Anda sehingga mereka dapat memahami informasi dengan cepat.

Singkat, hindari bulu-bulu dan jauhi terlalu banyak jargon teknis. Jika Anda dapat membayangkan mereka menganggukkan kepala saat membaca, maka Anda menuju ke arah yang benar.

Lakukan riset dengan jumlah yang tepat untuk memberikan informasi terbaik kepada pembaca Anda. Periksa fakta semuanya dan kutip sumber yang mungkin Anda miliki.

Judul harus menarik perhatian, informatif dan harus mencakup topik secara lengkap. Hindari menggunakan metafora yang tidak jelas atau kata-kata yang dibuat-buat. Pembaca harus tahu apa yang mereka dapatkan dari ebook Anda sebelum mereka mengunduhnya.

Langkah 2: Atur Konten Anda

Langkah 2  Atur Konten Anda
Sebelum mendesain ebook Anda, sebaiknya atur konten Anda menjadi beberapa bagian. Ebook yang bagus akan memiliki daftar isi dengan judul deskriptif untuk setiap bagian. Ini harus menggunakan hanya beberapa kata, jumlah yang tepat untuk setiap topik menjadi jelas.

Pilih bagian teks yang dapat diubah menjadi poin-poin atau bagan. Temukan paragraf informatif yang dapat diubah menjadi visual infografis.

Catat bagian-bagian yang cocok untuk digunakan sebagai keterangan atau kutipan. Ini dapat memecah blok teks yang panjang secara visual, membantu pembaca membaca sekilas konten sebelum membaca.

Mengedit dan mengoreksi semua teks Anda. Kesalahan tata bahasa dan kesalahan ketik akan membuat konten tampak tidak profesional meskipun ditulis dengan baik. Gunakan editor online seperti Grammarly, Hemingway atau Prowritingaid untuk bantuan.

Pastikan Anda benar-benar memikirkan tata letak halaman Anda sebelum menjadi desainer, terutama saat mempertimbangkan perangkat seluler yang akan digunakan untuk membaca ebook Anda, apakah ponsel cerdas Android atau Apple, ereader, iPad, atau lainnya.

Langkah 3: Gunakan Panduan Gaya Anda

Jika Anda membuat ebook untuk merek Anda, kemungkinan besar Anda sudah memiliki panduan gaya. Jika Anda membuat ebook untuk klien, mintalah panduan gaya mereka.

Ini akan menghemat waktu Anda yang berharga dan memungkinkan Anda berkonsentrasi untuk membuat konten Anda hebat. Anda dapat dengan mudah mengatur Kit Merek Visme Anda dengan font, warna, templat, dan logo spesifik Anda dan menggunakannya saat Anda membuat desain ebook Anda.

Jika, bagaimanapun, tidak ada panduan gaya yang tersedia, atau Anda ingin menggunakan tampilan dan nuansa berbeda untuk ebook Anda, maka Anda harus melakukan hal berikut:

Buat pasangan font.
Brainstorm ide umum tekstur dan bentuk.
Siapkan semua informasi gaya bersama dengan kontennya. Tidak ada penghemat waktu yang lebih baik daripada pengorganisasian yang baik, dan Anda tidak perlu menjadi desainer grafis untuk membuat ebook on-brand yang menakjubkan.

Langkah 4: Pilih Gambar dan Buat Visual

Langkah 4 Pilih Gambar dan Buat Visual
Sekarang setelah Anda memiliki konten, gagasan tentang bagaimana bagian akan diatur dan panduan gaya, saatnya untuk membuat visual. Yang paling penting untuk diingat ketika memilih citra untuk sebuah ebook adalah keseimbangan.

Gunakan editor Visme untuk menghasilkan bagan, peta, grafik, atau diagram untuk menambahkan nilai visual ke konten Anda. Tapi jangan berlebihan – tambahkan jumlah ketertarikan visual yang tepat untuk menarik perhatian pembaca.

Setiap halaman buku harus memiliki keseimbangan teks dan visual yang bagus. Anda dapat dengan mudah mengunggah foto Anda sendiri ke perpustakaan Visme untuk digunakan dalam ebook Anda. Ada juga banyak gambar gratis yang tersedia di dalam editor agar mudah digunakan.

Langkah 5: Rancang Ebook Anda

Mulailah dengan menelusuri pilihan template ebook kami di bawah ini untuk menemukan sesuatu yang cocok untuk Anda.

Jika nanti Anda berubah pikiran tentang template, mudah untuk mengubahnya. Semua template tersedia di panel sebelah kiri di dalam editor.

Beberapa orang suka mengikuti template apa adanya dan memasukkan konten mereka ke dalam bagian yang dialokasikan. Yang lain lebih suka menggunakan templat sebagai inspirasi dan kemudian membuat dari awal.

Editor Visme akan membiarkan Anda melakukannya dengan cara apa pun. Dengan bantuan blok konten pra-desain di bawah tab Dasar-dasar, Anda dapat menyesuaikan template atau halaman kosong sesuai keinginan.

Baca Juga Artikel Berikut Ini : Berapa Banyak Kata yang Seharusnya Menjadi EBook?